20+ Ide Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

Ide Peluang Usaha Rumahan
Apakah saat ini Anda sedang mencari ide peluang usaha rumahan dengan modal kecil dan menjanjikan? Sebaiknya Anda membaca artikel ini sampai selesai, siapa tahu Anda akan menemukan model bisnis yang menguntungkan dan cocok untuk Anda.

Sekarang ini ada banyak sekali peluang bisnis terbuka di sekitar kita. Dan tentu saja peluang tersebut disertai dengan persaingan yang cukup ketat. Tapi tenang, akan selalu ada celah peluang usaha yang bisa dimenangkan para pemula di dunia bisnis.

Apapun profesi Anda saat ini, baik itu karyawan kantoran, ibu rumah tangga, mahasiswa, PNS, ataupun yang saat ini masih menganggur, artikel ini bisa Anda jadikan referensi atau sebagai landasan untuk memulai usaha rumahan.

Modal menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah ide bisnis rumahan. Banyak calon pengusaha yang berkutat pada masalah modal usaha. Faktanya, peluang bisnis rumahan bisa dikerjakan dengan modal yang kecil dan banyak biaya yang bisa dipangkas ketika menjalankannya dari rumah.

Mengapa Menjalankan Bisnis Rumahan?

Ada banyak sekali keuntungan menjalankan bisnis dari rumah. Diantaranya; tidak perlu keluar biaya sewa tempat usaha, kita bisa sering bersama keluarga, bisa menangani bisnis lebih cepat, dan beberapa keuntungan lainnya.

Namun tentu saja bisnis di rumah punya tantangan sendiri. Misalnya; sering mendapat gangguan dari orang-orang terdekat, rumah menjadi lebih berantakan, dan beberapa hal lainnya. Walaupun bisnis rumahan, tetap saja harus dijalankan dengan serius agar bisnis tersebut menguntungkan.

Bagi Anda yang saat ini berprofesi sebagai karyawan, sebaiknya bisnis rumahan yang Anda jalankan jangan sampai mengganggu pekerjaan utama saat ini. Pertimbangkan untuk merekrut karyawan untuk membantu pekerjaan di bisnis Anda, atau Anda bisa menjalankannya di saat senggang.

Apa Saja Peluang Usaha yang Bisa Dijalankan dari Rumah?

Jika disebutkan semua, maka daftarnya akan panjang sekali. Tapi jangan khawatir, tim Akunews sudah membuat daftar peluang usaha yang menjanjikan yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Berikut ini adalah daftarnya:

A. Ide Usaha Makanan dan Minuman

Ide usaha makanan dan minuman atau bisnis kuliner adalah model bisnis yang tidak akan ada matinya. Kenapa? Karena manusia membutuhkan makanan dan minuman sepanjang hidupnya. Walaupun persaingan semakin ketat, selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan. Beberapa contoh peluang usaha makanan dan minuman yang bisa dijalankan dari rumah adalah:

1. Bisnis Jual Minuman Dingin/ Segar
Minuman dingin biasanya laku keras saat cuaca panas dan kering. Banyak sekali orang yang mencari minuman dingin untuk menghilangkan dahaga dan menyegarkan hari mereka yang penat.

Bila Anda ingin menjalankan usaha minuman dingin dari rumah, sebaiknya perhatikan dulu prospek bisnis minuman segar di sekitar rumah Anda. Tapi bila Anda ingin menjalankannya di tempat lain, misalnya di pinggir jalan atau dekat jalan raya dan tempat keramaian lainnya, maka Anda bisa langsung mencobanya.

2. Produksi/ Jual Kue dan Roti Buatan Rumah

Bisnis kue dan roti rumahan sebenarnya sangat menjanjikan, apalagi bila kita punya partner usaha yang terpercaya. Walaupun bisnis ini sudah cukup ketat persaingannya, dengan kreatifitas yang Anda miliki tentu dapat merebut hati para konsumen.

Untuk memulai usaha kue dan roti rumahan bisa dijalankan dengan modal terjangkau. Namun, tentu saja Anda harus memiliki keahlian dalam membuat kue dan roti yang lezat.

Bisnis jualan kue dan roti rumahan ini sangat cocok untuk mereka yang punya keahlian dan hobi memasak kue dan roti. Selain menjalankan hobi, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis tersebut.

ATAU jika Anda tidak punya keahlian dalam membuat kue, Anda bisa bekerjasama dengan seseorang yang memiliki keahlian tersebut, misalnya keluarga atau sahabat.

3. Bisnis Katering Rumahan

Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis katering tidak akan ada habisnya. Faktanya bisnis ini selalu menelurkan jutawan baru para pengusaha katering yang sukses.

Bisnis katering rumahan bisa dijalankan oleh pria dan wanita yang punya minat di usaha katering. Selain memiliki keahlian dalam bisnis, Anda juga perlu memiliki lidah yang bisa menilai makanan dan minuman yang enak.

Bisnis ini bisa membidik banyak market, mulai dari katering untuk karyawan, acara kantor, pesta, acara pernikahan, dan kegiatan lainnya. Tapi sebaiknya Anda memilih target market yang paling sesuai dengan bisnis Anda saja.

4. Kedai Sarapan Pagi

Bisnis ini sangat cocok dijalankan di kawasan kota besar, misalnya Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota-kota lainnya. Kenapa demikian? Karena di perkotaan ada banyak sekali orang yang memilih untuk sarapan di luar karena tidak sempat membuat sarapannya sendiri.

Peluang usaha yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha makanan dan berada di perkotaan. Jenis sarapan pagi yang bisa Anda jual pun sangat beragam, mulai dari nasi uduk, bubur ayam, lontong sayur, dan jenis makanan lainnya.

Selain makanan tentu saja menu minuman harus ada karena makan tanpa minum pasti tidak akan lengkap. Untuk melengkapi menu sarapan di kedai Anda, siapkan jenis minuman kopi, teh, susu, dan beberapa jenis minuman khusus sarapan yang sering dibeli.

5. Bisnis Jualan Gorengan

Bisnis berjualan gorengan adalah salah satu peluang bisnis rumahan dengan modal kecil yang menjanjikan. Gorengan sangat banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, dan tidak mengenal usia.

Peluang bisnis gorengan ini cukup menjanjikan, terutama bila rumah Anda berada di area yang banyak dilalui oleh masyarakat.

Beberapa lokasi yang sangat strategis untuk menjalankan bisnis gorengan adalah di pinggir jalan, area kampus, area perkantoran, di dekat terminal, di dekat sekolah, dan beberapa tempat lainnya. Bisnis ini bisa menghasilkan untung berkali lipat, namun Anda harus kreatif dalam menjalankan bisnis gorengan. Tidak asal goreng.

6. Menjalankan Usaha Rumah Makan

Seperti yang disebutkan di awal artikel ini, bisnis makanan adalah bisnis yang menguntungkan. Jika tempat usaha makanan Anda adalah milik sendiri, maka keuntungan akan lebih besar lagi dan bisa digunakan untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar.

Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang punya hobi dan keahlian dalam memasak makanan yang enak. Apalagi bila Anda punya resep rahasia yang disukai oleh pelanggan, kemungkinan besar usaha rumah makan Anda tersebut akan lebih ramai.

Usaha rumah makan ini cocok dijalankan di area perkantoran, kampus, dan kos-kosan mahasiswa. Mereka ini adalah target market yang sangat potensial karena biasanya mereka lebih memilih membeli makanan daripada membuatnya sendiri.

7. Bisnis Isi Ulang Air Minum

Bisnis isi ulang air minum sebenarnya sudah cukup banyak dijalankan masyarakat Indonesia. Namun, Anda masih memiliki peluang untuk menjalankan usaha ini.

Usaha isi ulang air minum cukup banyak ditemukan di kota-kota besar, apalagi di kawasan yang cukup sulit untuk mendapatkan air bersih. Kebutuhan air minum yang cukup tinggi di masyarakat kita membuat peluang usaha isi ulang air minum menjadi banyak dicari.

Bisnis ini bisa dijalankan dari rumah dengan memanfaatkan bagian depan rumah Anda yang kosong. Bila Anda adalah seorang karyawan kantoran, maka Anda bisa merekrut karyawan untuk menjalankan usaha ini.

Sangat penting untuk menjaga kebersihan ketika kita menjalankan usaha isi ulang air minum. Pastikan untuk memperhatikan kebersihan karena ini menyangkut kesehatan konsumen Anda dan keberlangsungan bisnis Anda.

8. Produksi/ Jual Kerupuk Rumahan

Kerupuk adalah salah satu santapan atau lalapan yang cukup banyak peminatnya. Biasanya kerupuk dibutuhkan sebagai pendamping makanan utama.

Bisnis kerupuk rumahan ternyata cukup menjanjikan dan menguntungkan lho. Hal ini terbukti dari banyaknya pengusaha kerupuk rumahan yang mendulang sukses dari bisnis sederhana ini.

Jika Anda tidak punya pengalaman, Anda bisa belajar membuat kerupuk sebagai awal memulai usaha rumahan ini. Dengan kreatifitas dalam menjalankan usaha kerupuk rumahan, Anda bisa mendapatkan pelanggan setia.

B. Ide Usaha Bisnis Online di Rumah

Sekarang ini adalah jamannya serba online, semua hal sudah dihubungkan dengan internet. Dan faktanya, internet telah membuka semakin banyak peluang usaha rumahan yang menjanjikan dan bisa dijalankan dengan modal kecil. Berikut adalah beberapa peluang usaha online yang sangat menjanjikan saat ini:

9. Menjadi Publisher Google Adsense

Google Adsense adalah jaringan periklanan milik perusahaan raksasa Google. Menjadi publisher Anda adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan karena potensi bisnisnya sangat besar dan tidak terbatas.

Bisnis ini cukup banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia, mulai dari skala kecil hingga skala besar. Untuk bisa menjadi publisher Google Adsense dan mendapatkan keuntungan, Anda harus memiliki sebuah website/ blog dengan konten yang banyak dibaca orang.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi YouTuber atau pencipta aplikasi mobil dan mendaftar menjadi publisher Google Adsense. Prosesnya memang tidak mudah, tapi semua orang pasti bisa bila mau berusaha dan tidak mudah menyerah.

10. Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketer ini juga cukup banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia, kalangan tertentu. Konsep dari bisnis affiliate ini sederhananya, kita menjual produk orang lain dan kita mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil kita lakukan.

Bisnis affiliate bisa dijalankan melalui blog/ website. Tapi sebenarnya bisnis ini tidak harus punya website sendiri, melainkan dengan menggunakan halaman penjualan dari vendor dengan link khusus yang dimiliki oleh si marketer tersebut.

Ada banyak sekali produk yang bisa dijual dengan sistem affiliate. Namun, sebaiknya pilihlah marketplace yang sudah terpercaya agar proses pembayaran komisi Anda tidak mengalami masalah.

11. Jual Jasa Menulis Artikel

Internet memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk menghasilkan uang. Inilah yang bisa dinikmati oleh mereka yang punya hobi dan keahlian menulis artikel.

Ada banyak pemilik website dan blog membutuhkan suplai artikel secara rutin ke situs mereka. Ketimbang menghabiskan waktu untuk menulis sendiri, para pemilik website/ blog banyak yang memilih untuk menyewa jasa penulis artikel.

Tentu saja ini merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan, apalagi bila Anda memang suka menulis artikel. Untuk harga jasa menulis artikel biasanya tergantung kualitas artikel dan juga tergantung bahasa artikel yang dibuat. Namun, masalah harga sebenarnya bisa dinegosiasikan selama Anda bisa memberikan kualitas artikel yang baik.

Untuk menjual jasa Anda, bisa memanfaatkan situs marketplace seperti projects.co.id, ads.id, freelancer.co.id, dan lain-lain.

12. Jual Produk Secara Online

Peluang bisnis yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang punya produk sendiri dan ingin menjualnya secara online. Produk ini bisa berbentuk fisik tapi bisa juga berbentuk digital.

Cara menjual produk secara online sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa memanfaatkan beberapa situs marketplace seperti Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak.

Mungkin awalnya terlihat sulit, tapi bila Anda konsisten belajar dan praktek pasti akan menemukan market yang cocok untuk menjual produk Anda di internet.

13. Trading Forex Online

Trading forex online adalah kegiatan bisnis jual beli mata uang asing secara online. Bisnis ini sangat banyak dijalankan oleh masyarakat di Indonesia dan terus bertambah setiap tahunnya.

Namun bisnis ini sangat beresiko dijalakan oleh mereka yang tidak punya pengetahuan baik mengenai trading forex. Tidak jarang trader pemula mengalami kerugian bahkan bangkrut karna forex.

Resiko ini sebenarnya bisa diminimalisir yaitu dengan cara mempelajari terlebih dahulu dasar-dasar forex sebelum terjun langsung. Jangan pernah memulai bisnis trading forex tanpa pengetahuan yang baik karena hanya akan membuat Anda kehabisan modal.

14. Bisnis Dropship

Bisnis dropship yang dijalankan dari rumah bisa dibilang bisnis online yang nyaris tanpa modal. Sederhananya bisnis ini dijalankan dengan cara menjual produk orang lain tanpa harus stok barang terlebih dahulu. Dan ketika ada pembelian, barang akan dipacking dan dikirim oleh supplier dengan nama Anda sebagai pengirim.

Pebisnis dropship hanya fokus pada proses pemasaran dan berkomunikasi dengan konsumen dan supplier. Catatan penting bagi yang ingin menjalankan bisnis dropship, pastikan untuk bekerjasama dengan supplier terpercaya karena ada cukup banyak kasus supplier mengecewakan partner mereka.

15. Jual Jasa Secara Online

Jika Anda memiliki keahlian tertentu dan ingin menghasilkan uang dari keahlian tersebut maka internet bisa membantu Anda. Yup, sekarang ini ada banyak sekali orang yang menjual jasa secara online.

Beberapa peluang usaha jual jasa secara online yang bisa Anda kerjakan diantaranya adalah: Jasa membuat website, jasa menulis artikel, jasa membuat desain logo, dan masih banyak lagi.

Untuk menjual jasa Anda tersebut, silahkan memanfaatkan situs marketplace seperti projects.co.id, ads.id, freelancer.co.id, dan lain-lain.

C. Menjalankan Bisnis di Bidang Fashion

Selain makanan, pakaian adalah kebutuhan manusia yang sangat penting. Dan peluang usaha di bidang fashion ada banyak sekali yang bisa dijalankan, Anda bisa pilih salah satunya. Berikut ini beberapa peluang usaha di bidang fashion:

16. Bisnis Aksesoris Wanita

Kebanyakan wanita suka memakai aksesoris, baik itu aksesoris untuk kerja maupun untuk ke acara pesta. Aksesoris tersebut dibutuhkan untuk menunjang penampilan para wanita menjadi lebih cantik. Beberapa aksesoris yang sering digunakan diantaranya adalah: syal, bando, hiasan rambut, jepit rambut, bros, dan lain sebagainya.

17. Bisnis Baju Muslim dan Jilbab


Target market bisnis jilbab sudah sangat jelas, yaitu para wanita muslim. Namun, tentu saja masih ada hal yang harus dipertimbangkan saat menjalankan bisnis ini, misalnya usia target market dan juga model jilbabnya.

Saat ini jilbab bukan hanya sebagai pakaian wanita muslim penutup aurat, tapi juga bagian dari fashion dengan model jilbab yang beragam. Sebaiknya temukan target market yang paling sesuai untuk bisnis jilbab yang akan dijalankan karena di bisnis jilbab ini ada banyak sekali pangsa pasarnya.

Bila Anda tidak memiliki produk sendiri untuk pakaian muslim, Anda bisa bekerjasama dengan produsen lain. Biasanya bisnis ini banyak dijalankan oleh para wanita yang memiliki passion di bidang fashion.

Sedangkan untuk cara promosinya biasanya para wanita mengandalkan komunikasi antar sesama wanita (promosi mulut ke mulut). Selain itu, media sosial dan marketplace juga merupakan tempat yang sangat baik untuk mempromosikan produk pakaian muslim yang Anda jual.

18. Bisnis Baju Anak

Permintaan akan baju anak saat ini sangat tinggi, dan ini membuka peluang usaha yang menjanjikan bagi siapapun, termasuk Anda. Biasanya para orang tua membeli pakaian untuk anaknya setiap 2 - 3 bulan sekali. Alasanya beragam, mungkin karena baju yang lama sudah kekecilan atau ingin baju model baru untuk anaknya.

Bisnis pakaian anak ini bisa dijalankan oleh siapa saja, baik itu wanita ataupun pria. Tapi biasanya yang paling banyak menjalankan bisnis ini adalah para wanita.

Bisnis rumahan yang menjanjikan ini bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil. Modal awalnya adalah untuk membeli pakaian anak, dan juga persiapan untuk display tempat usaha Anda. Sedangkan untuk tempat usaha dan gudang, Anda bisa memanfaatkan rumah sehingga biaya sewa tempat bisa dipangkas.

19. Bisnis Salon Kecantikan
Bisnis salon adalah sahabatnya para wanita modis. Wanita mana yang tidak pernah ke salon, tentunya hampir tidak ada ya. Itulah sebabnya bisnis salon kecantikan ini sangat potensial dan tahan lama.

Ada banyak sekali kebutuhan yang bisa dilayani oleh bisnis salon ini. Diantaranya adalah jasa merias pengantin, jasa perawatan tubuh wanita, perawatan rambut, perawatan wajah, dan lain sebagainya.

Namun tentu saja menjalankan bisnis salon tidak terjadi begitu saja. Anda harus punya skill dan kreatifitas dalam berbisnis jasa salon dan juga pelayanan yang ramah kepada para konsumen.

D. Menjalankan Bisnis di Bidang Jasa

Bisnis di bidang jasa sebenarnya ada banyak sekali. Kalau sebelumnya di atas dijelaskan beberapa jenis bisnis di bidang jasa secara online, maka kali ini akan disebutkan beberapa bisnis jasa yang dijalankan secara offline. Berikut ini ide peluang bisnis di bidang jasa tersebut:

20. Bisnis Jasa Potong Rambut


Jujur saja, dulu banyak orang yang menganggap remeh bisnis potong rambut (barbershop). Faktanya, sekarang ini barbershop semakin menjamur karena banyaknya permintaan dari kaum adam. Bagi para pria metroseksual, barbershop adalah salah satu tempat yang wajib dikungjungi untuk mendapatkan potongan rambut terbaik.

Tapi tunggu dulu, Anda tidak harus punya barbershop ala kaum urban. Dengan memanfaatkan ruangan di rumah Anda dan peralatan yang secukupnya, Anda bisa menjalankan bisnis jasa potong rambut ala Asgar yang sering kita jumpai.

21. Bisnis Laundry


Bisnis laundry sangat banyak kita temui di perkotaan, terutama di kawasan kampus, kos-kosan dan pemukiman warga. Kaum urban cukup banyak lebih memilih jasa laundry ketimbang mencuci pakaian mereka sendiri. Alasannya adalah efisiensi waktu dan tenaga dengan memanfaatkan jasa orang lain untuk mengerjakannya.

Peluang usaha laundry masih terbuka lebar bagi Anda yang tertarik menjalankannya. Namun perlu kita ketahui bahwa bisnis ini cenderung membutuhkan modal yang relatif besar di awal. Lain halnya bila Anda menjalankannya di rumah dan sudah memiliki peralatan yang memadai.

Peralatan dan perlengkapan laundry bisa Anda beli dengan cara sedikit demi sedikit sesuai jumlah konsumen. Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran untuk modal usaha menjalankan bisnis laundry.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya operasional untuk listrik karena jasa laundry membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

22. Usaha Tambal Ban

Sama halnya dengan bisnis jasa potong rambut, usaha tambal ban ini seringkali diremehkan banyak orang. Faktanya bisnis tambal ban malah tetap subur dan semakin banyak yang cari.

Jumlah kendaraan bermotor yang semakin banyak membuat peluang usaha yang satu ini semakin menguntungkan. Tapi tentu saja tantangan persaingan bisnis pun semakin ketat. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis tambal ban dan kebetulan dekat dengan jalan lalu lintas kendaraan bermotor, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang bisnis rumahan yang satu ini.

Selain menawarkan jasa tambal ban, Anda juga bisa menjual spare part, oli, dan kebutuhan kendaraan bermotor lainnya. Anda juga bisa menyiapkan tempat untuk cuci motor di sekitar bengkel Anda, bila memungkinkan. Bisnis ini memang modalnya kecil, tapi potensi keuntungan dari bisnis tambal ban sangat menjanjikan.

23. Usaha Warnet Game Online

Warnet seringkali menjadi tempat tongkrongan anak muda yang suka bermain game online. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga cukup sering bermain game online di warnet. Tentu saja ini peluang usaha yang menjanjikan bukan?

Bagi Anda yang punya minat di bidang game online pasti tidak akan melewatkan peluang usaha ini. Selain bisa melakukan hobi, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari usaha warnet tersebut.

Untuk menjalankan bisnis warnet game online, Anda harus menyiapkan perangkat komputer dengan spesifikasi yang mumpuni untuk bermain game. Selain itu, pastikan koneksi internet di warnet Anda dapat beroperasi dengan baik dan stabil dengan kecepatan yang memadai.

24. Usaha Jasa Cuci Steam Motor dan Mobil

Bisnis cuci motor dan mobil adalah peluang usaha yang sangat potensial saat ini. Mengapa? Karena jumlah kendaraan yang semakin meningkat dan juga tingginya minat para pemilik kendaraan pada jasa cuci kendaraan.

Peluang bisnis ini bisa dijalankan dari rumah, tapi tentu saja Anda perlu sedikit memodifikasi halaman depan rumah Anda untuk tempat cuci kendaraan. Bila Anda memiliki tempat yang lebih luas, maka Anda bisa membuat bisnis jasa cuci mobil tersebut menjadi lebih besar.

Pengeluaran untuk membeli peralatan dan perlengkapan cuci motor adalah modal awal yang perlu disiapkan. Selain itu, persiapak lokasi cuci motor juga perlu dilakukan dan ini merupakan pengeluaran yang harus dilakukan.

Namun, dapat dipastikan bahwa bisnis ini sangat menguntungkan dan bisa bertahan lama. Apalagi bila tempat usaha cuci motor/ mobil Anda berada pada lokasi yang cukup strategis.

25. Bisnis Jual Pulsa Elektrik

Pengguna telepon seluler di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dan ini memberikan kesempatan untuk berbisnis bagi mereka yang tertarik untuk menjual pulsa elektrik dan kebutuhan ponsel lainnya.

Saat ini ponsel sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia. Dan pembelian pulsa juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba bisnis jual pulsa elektrik sebaiknya tidak usah ragu untuk memulainya. Selain ide peluang usaha ini modalnya kecil, potensi keuntungannya ternyata sangat besar.

Anda bisa menjalankan bisnis jual pulsa elektrik dari rumah tanpa harus menyewa tempat usaha. Tapi tentu saja Anda harus mempertimbangkan faktor lokasi, karena bila rumah Anda terpencil maka kemungkinan akan jarang yang membeli.

Selain menjual pulsa, bisnis counter pulsa Anda juga bisa menjual berbagai aksesori ponsel atau perlengkapan yang sering dicari konsumen. Misalnya casing ponsel, antigores, dan lainnya.

***
Kesimpulan yang bisa dipetik dari artikel ini adalah peluang usaha rumahan dengan modal kecil itu ternyata ada dan cukup banyak. Walaupun mungkin peluang usaha yang menjanjikan tersebut tidak semuanya tertuang di dalam artikel ini, tapi setidaknya ini adalah awal pemikiran bahwa sebenarnya kita bisa memiliki bisnis sendiri.

Selamat berwirausaha!

Artikel terkait:

Apakah saat ini Anda sedang mencari ide peluang usaha rumahan dengan modal kecil dan menjanjikan? Artikel ini bisa Anda jadikan referensi atau sebagai landasan untuk memulai bisnis rumahan