10 Tips Terhindar dari Bau Mulut Saat Berpuasa


Bau mulut seringkali dialami oleh mereka yang tengah berpuasa. Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari bau mulut, misalnya mengunyah permen karet, permen mint, atau herbal.

Sayangnya hal ini tidak bisa dilakukan saat bulan puasa. Karena durasi saat berpuasa terhitung agak panjang, maka akan sulit terhindar dari napas tak sedap

Dikutip dari 19twentythree, ada sepuluh tips yang bisa dilakukan teman-teman yang sedang berpuasa agar napasnya tetap segar.

1. Konsumsi Makanan Sehat 

Makanan sehat yang dimaksud ini adalah makan buah dan sayur saat sahur. Sayur dan buah dapat membersihkan gigi secara alami dan juga membersihkan plak dan sisa makanan.

Mengkonsumsi buah dan sayur juga dapat memberikan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh agar kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga.

2. Konsumsi Karbohidrat

Perlu dicatat bahwa makanan yang mengandung karbohidrat sangat direkomendasikan, tapi tidak semua jenis makanan. Ketika tubuh kita kekurangan karbohidrat maka tubuh akan mengeluarkan ketones (asam dalam tubuh) yang menyebabkan bau tak sedap. Pastinya akan membuat mulut menjadi bau.

Salah satu makanan yang disarankan saat sahur adalah buah pisang. Selain mengandung karbohidrat, pisang juga bisa menjaga tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik. Makan buah pisang juga tidak menyebabkan kegemukan, jadi tidak akan menganggu diet seseorang.

3. Sikat Gigi Dengan Soda Kue

Caranya mudah; campur dua sendok makan perasan lemon, dua sendok teh garam, dan seperempat gelas soda kue. Gunakan adonan tersebut sebagai pasta untuk sikat gigi.

Kombinasi ketiga bahan ini bisa mengurangi kada asam dalam mulut kita dan mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

4. Kumur-Kumur Dengan Air Cengkeh

Caranya mudah; siapkan dua gelas air panas lalu masukkan empat cengkeh ke dalamnya, biarkan selama setengah jam sampai sari cengkeh tercampur dalam air.

Lalu gunakanlah air cengkeh tersebut sebagai air kumur-kumur. Berkumur dengan air cengkeh selama 60 detik saat sedang puasa akan mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

5. Hindari Makanan Mengandung Bawang Putih/ Bombai Saat Sahur

Walaupun Anda rajin sikat gigi, bau bawang putih tetap tinggal di dalam aluran darah dan masuk ke paru-paru. Ini akhirnya bisa membuat napas menjadi bau.

Sebaiknya hindari makan makanan yang mengandung bawang putih saat sahur. Jika memang makanan tersebut sudah termakan, disarankan untuk segera mengunyah lemon dan garam sebelum tidur.

6. Hindari Kopi dan Keju

Kopi dan keju cenderung bisa menyebabkan napas tak sedap. Sebaiknya hindari kopi dan keju saat sahur. Jika ingin minum kopi dan makan keju, disarankan tidak pada saat sahur.

7. Minum Banyak Air Saat Sahur

Kekurangan cairan ternyata bisa mengakibatkan napas tak sedap. Karena itu, sebaiknya asupan air pada saat sahur sangat baik untuk menjaga agar napas tidak bau.

Saat berbuka puasa juga disarankan untuk minum air secara teratur. Minumlah air mineral setiap setengah jam sekali, mulai dari jam 7 malam hingga jam 3 pagi. Atau setidaknya minum air sebanyak 3 liter sehari.

8. Gunakan Obat Kumur atau Siwak

Tips ini diyakini sangat bermanfaat untuk menjaga napas tetap segar selama berpuasa. Namun, Anda harus memastikan air kumur di dalam mulut segera dibuang dan tidak sampai tertelan. Begitu juga halnya berkumur dengan air cengkeh sebagai obat kumur, pastikan tidak tertelan sedikitpun.

9. Sikat Gigi Teratur

Gigi yang kotor akan mengakibatkan napas menjadi bau. Pastikan untuk menyikat gigi secara teratur, dan bila perlu gunakan floss untuk membersihkan sela-sela gigi setiap kali selesai sahur dan buka puasa.

Bila perlu, Anda juga bisa membersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi. Hal ini bisa membuat mulut menjadi terasa lebih segar.

10. Pastikan Hidung Tak Bermasalah

Ternyata hidung bermasalah juga bisa menyebabkan napas bau. Hidung yang banyak kotoran karena debu atau sisa flu bisa membuat napas menjadi bau. Bila ini terjadi pada Anda, pastikan untuk membersihkan kotoran hidung atau berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi terbaik.

Artikel terkait:

Bau mulut seringkali dialami oleh mereka yang tengah berpuasa. Dikutip dari 19twentythree, ada sepuluh tips yang bisa dilakukan teman-teman yang sedang berpuasa agar napasnya tetap segar.